nama web nya disini

Halaman

Kategori Berita

Kontak

  • Telp
    (0967)571877
  • Fax
    (0967)571877
  • Email
    info@terunabakti.com

Layanan Lain

  • Cek Absen Online
  • Kemdikbud
  • Sertifikasi Guru
  • BSE
  • Rumah Belajar

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung :
IP Address : 54.80.234.9
Browser : Jenis lainnya

Pegelaran Budaya dan Deklarasi Noken pada HUT ke 45 Teruna Bakti Jayapura

SMA TB - 04 September 2016

Foto : Tarian Kolosal Nusatara oleh siswa/i SMA YPPK Teruna Bakti mengawali Deklarasi "Teruna Bakti Suka Pake Noken".

Waena, Jayapura 3 September 2016, ulang tahun Teruna Bakti ke-45 tahun 2016, terasa sangat istimewa, sekitar 2000-an orang memenuhi halaman SMA YPPK Teruna Bakti Waena dalam rangka Festival Budaya Nusantara dan Deklarasi “Teruna Bakti Suka Pake Noken” yang dimulai sejak pukul 16.00 WP. Sebelumnya tanggal 1 September 2016 Siswa/i dan Guru-Staf SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura mengadakan Misa Syukur di Gereja Katolik Kristus Terang Dunia Waena dengan tema  :” Hidup rukun dalam Komunitas Pendidikan Teruna Bakti”.

Dalam Laporan Ketua Panitia, ibu Dina Basikbasik mengungkapkan kegiatan ini dibuat untuk melestarikan kekayaan budaya dalam Komunitas Teruna Bakti sekalian upaya mendukung rencana Studi Banding Guru-guru Teruna Bakti bulan Oktober 2016. Ucapan terimakasih oleh Kepala Sekolah, Damianus Kumanireng, S.Si kepada seluruh anggota Komunitas Teruna Bakti yang hadir diantaranya siswa/i – guru – staf tata usaha sekitar 800 orang, alumni SPG dan SMA Teruna Bakti sebanyak 300 orang, dan 900-an simpatisan (paguyuban-paguyuban, masyarakat umum, pihak gereja, pemerintah, adat, orang tua siswa/i, sponsor, serta kaum biarawan dan biarawati). Turut memberikan sambutan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mewakili pemerintah dan sambutan Direktur YPPK Kota/Kabupaten Jayapura Silvester Lobya, mewakili Pihak Gereja Katolik Keuskupan Jayapura memberikan apresiasi terhadap gerakan suka pake noken di SMA YPPK Teruna Bakti Waena.

Mengawali Deklarasi Teruna Bakti Suka Pake Noken, para siswa/i SMA YPPK Teruna Bakti membawakan tarian kolosal dari berbagai nusantara dengan sangat indah. Ketua Umum Alumni Teruna Bakti, Florentius Tue Koban, ST, IAI menyampaikan pesan kepada seluruh hadirin bahwa Teruna Bakti saat ini sudah berusia 45 Tahun namun secara de facto Teruna Bakti telah ada sejak tahun 1950 yang dimulai dari Fak-fak, Enarotali, Nabire, Kokonao, Biak hingga ke Jayapura. Kehidupan asrama yang sangat identik saat itu secara tidak sengaja telah mencerminkan filosofi Noken Papua yaitu : merajut kehidupan, menganyam kehidupan dan menyulam kehidupan. Semangat itu tumbuh dengan sangat baik hampir di seluruh Tanah Papua tempat para alumni berkarya. Salah satu sumbangan Alumni Teruna Bakti terhadap dunia adalah mendorong Noken Papua menjadi warisan dunia yang diterima di UNESCO PBB pada tanggal 4 Desember 2012 oleh salah satu tamatan SMA YPPK Teruna Bakti tahun 1997 ; Titus Pekei. Saat yang sama Titus Pekey yang telah dikerumuni wartawan lokal dan Nasional di halaman Teruna Bakti saat acara berlangsung berdiri di depan seluruh undangan dan mendeklarasikan “Teruna Bakti Suka Pake Noken”, didampingi oleh tokoh Alumni Teruna Bakti, Elias Singpanki (1994 – Ketua KONI Pegubin), Marchel Yolmen (1998  - Ajudan Wagub Papua ), Chirs Agapa (1998 – Pilot Pesawat Tariku), Yulianus Aituru (2002 – Dosen Hukum Umel Mandiri), sebelumnya juga deklarasi ini didukung oleh tokoh alumni Teruna Bakti : Constan Oktemka (1994 - Bupati Pegunungan Bintang), Anton Mote (1999 - Dokter), Pieter Kalakmabin (1995 - Anggota DPR Pegubin), Theo Kossay (1995 - Dosen STFT), Yulensdwaa Den (2000 - Calon Wakil Bupati Kab. Jayapura). Berikut isi deklarasi Noken Teruna Bakti :

1.           NOKEN RAJUT IDENTITAS MULTI SUKU TANAH PAPUA

2.           NOKEN ANYAM PERADABAN ANAK MAMA PAPUA

3.           NOKEN NYULAM KREATIFITAS MAMA NOKEN PAPUA

Noken Tembus Batas Kembali Memulihkan Tanah Papua. Falsafah Noken Kehidupan mengisi hidup dari masa ke masa. Deklarasi Noken Peringatan 45 Tahun SPG-SMA YPPK TERUNA BAKTI PAPUA disampaikan “DALAM NAMA ALLAH MAHA PENCIPTA, ALAM SEMESTA TANAH PAPUA”. Tanda tangan ; penggali Noken – Titus Pekei, SH.M.Si, Alumni SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura angkatan 1997.

Foto Tablidjubi.com : Titus Pekei memberikan noken secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura saat Deklarasi Teruna Bakti "Suka Pake Noken" - Jubi/Roy Ratumakin

Setelah mendeklaraasi, Titus Pekei memakaikan Noken kepada Perwakilan Pemerintah, Gereja, Kepala Sekolah SMA YPPK Teruna Bakti, Ketua OSIS Teruna Bakti dan Perwakilan Ondofolo Waena.

Semakin malam, redupnya lampu tidak membatasi semangat siswa/i SMA YPPK Teruna Bakti Waena untuk membawakan tarian nusantara dari Sabang sampai Merauke sambil menunjukan kuliner masing-masing daerah. Antusias dari berbagai undangan mengapresiasi semua tarian yang dibawakan. Tidak lupa kedatangan para wartawan dari berbagai media yang selama ini mengikuti proses perjuangan indentitas Noken Papua turut hadir. Tarian dari Sentani, Sorong, Merauke, Wamena, Paniai, Oksibil menyita perhatian penoton, spontan para alumni yang hadir pada malam itu turut bergabung dan menari. Walaupun 2000-an orang memadati halaman Sekolah, namun acara dapat berlangsung dengan aman dan tertib. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan Goyang Aster, sebagai tarian dan ungkapan kegembiraan turun temurun setiap angkatan SPG dan SMA YPPK Teruna Bakti selama 45 tahun. Saat panitia dan OSIS membereskan acara, pukul 22.00 – 23.00 para alumni Teruna Bakti masih menggelar rapat di halaman basket Teruna Bakti yang dihadiri oleh angkatan 2011, 2012, 2013, 2014, 2015 dan 2016 untuk merencanakan reuni akbar dan memberikan dukungan terhadap rencana Studi Banding Guru-guru SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura ke Denpasar Bali pada bulan Oktober. ***

 

Baca Juga

1 Komentar

RobertQuexy

15 Januari 2017

The best fitness tip for building up your arms is to work opposite muscles in opposite sets of each other. The best example would be to work the triceps and then the biceps. Each has the opportunity to rest while the other is being worked. This minimizes your time and maximizes your workout. &l

Kirim Komentar

Nama Anda

Kota

Email

Komentar