nama web nya disini

Halaman

Kategori Berita

Kontak

  • Telp
    (0967)571877
  • Fax
    (0967)571877
  • Email
    info@terunabakti.com

Layanan Lain

  • Cek Absen Online
  • Kemdikbud
  • Sertifikasi Guru
  • BSE
  • Rumah Belajar

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung :
IP Address : 54.80.234.9
Browser : Jenis lainnya

Total 802 orang saat ini di SMA YPPK Teruna Bakti

SMA TB - 25 April 2016

    

         Jumlah Guru sebanyak 47 orang, staf sebanyak 8 orang, jumlah siswa/siswi sebanyak 750 orang. Selain belajar-mengajar, setiap jam 12 siang diadakan doa Angelus dipimpin oleh petugas bergilir yang diawali dengan bunyi lonceng. Seluruh irama hidup, aktifitas dan rangkaian belajar mengajar diteliti dan dirumuskan ke dalam sebuah survey atas permintaan YPPK Kota Jayapura sebagai peningkatan mutu terhadap SMA YPPK Teruna Bakti. Survey memberian penekanan kepada Pola Interaksi Sosial Pendidik & Tenaga Kependidikan.

     Survey yang dilakukan oleh Peneliti dan Dosen STFT Bp. Abdon Bisey bersama Fr. Benyamin Keiya (alumni SMA YPPK Teruna Bakti) memberikan fokus pada Standar Pendidikan Nasional dan Standar Katolisitas, untuk pengembangan SMA YPPK Teruna Bakti menjadi sekolah unggulan. Survey yang dimulai sejak awal Desember 2015  rampung pada bulan April 2016 ini menggunakan metode pengumpulan data, walau tidak disangkal banyak kenyataan yang terukir di Teruna Bakti namun belum tercatat ke dalam survey karena belum terkumpulnya semua data. Maka pada hari sabtu tanggal 23 April 2016 bertempat di Aula SMA YPPK Teruna Bakti hasil survey tersebut disajikan oleh ke-dua peneliti yang difasilitasi oleh YPPK Kota Jayapura, dihadiri oleh Hierarki Keuskupan Jayapura, Tokoh-tokoh pendidikan Katolik, Pemerhati, Simpatisan, Komite sekolah, dan seluruh Guru – Staf tata usaha SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura.

    Dalam hasil survey tersebut para peneliti menjabarkan dengan lengkap hasil survey dan analisis di SMA YPPK Teruna Bakti sesuai dengan 8 standar Pendidikan, Yaitu : Standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Dalam ke-8 standar ini sarana dan prasarana perlu mendapat perhatian yang serius, selain itu standar-standar lain pun perlu mendapat dukungan yang serius dari berbagai pihak. YPPK Provinsi memberikan penekanan agar Teruna Bakti juga perlu dilihat secara prioritas. Mantan Kepala Sekolah Ibu Veronika Indiastuti, S.Pd turut memberikan dorongan agar Teruna Bakti terus memacu diri dan lebih fokus terhadap 8 standar yang harus dijalankan dengan rasa memiliki yang sungguh-sungguh.

    Selain 8 standar resmi yang diangkat oleh pihak peneliti, 1 standar juga diangkat dan menjadi dorongan hierarki gereja yaitu standar Katoliksitas. Hal ini menjadi khas di SMU YPPK Teruna Bakti sebagai sekolah yang berbasis Katolik. Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Umum Alumni Teruna Bakti, Florry Koban, ST, IAI ( Alumni TB Tahun 2001 ) yang juga menyampaikan hasil survey lapangan bersama Dr. Anton Motte, IDI ( Wadir RSUD Dok II - Alumni TB tahun 1999 ) mengatakan : ketika Asrama Putra Teruna Bakti ditutup SMA YPPK Teruna Bakti sulit mendapat tamatan yang mempunyai feeling solidaritas di masyarakat, saat ini semua alumni yang pernah mengenyam pendidikan di Asrama Teruna Bakti sudah menempati posisi-posisi strategis pada kabuten-kabupaten baik di Legislatif maupun Eksekutif, oleh sebab itu pihak Alumni memberikan dorongan agar nilai-niali Solidaritas perlu mendapat perhatian khusus di SMA YPPK Teruna Bakti khususnya pada standar ke-9 yaitu standar Katolisitas, alasan yang paling kuat juga adalah saat ini Tanah Papua masih sangat membutuhkan kader-kader Katolik yang punya semangat solidaritas tinggi dan peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan tanpa menutup mata terhadap upaya peningkatan skil dan ketrampilan serta kecerdasan akademik. Pada akhir pemaparan hasil survey, kepala YPPK Kota Jayapura menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir serta antusias menanggapi hasil survey, tak lupa Bp. Silvester Lobya, S.Sos juga menyampaikan terimakasih khusus kepada team peneliti yang sudah bekerja luar biasa, selanjutnya akan menyempurnakan hasil survey bersama team yang akan dibentuk berangggotakan 10 orang nantinya. Dalam sesi diskusi, Kepala Sekolah SMA YPPK Teruna Bakti, Bp. Damianus D. Kumanireng, S.Si memberikan bobot kepada visi SMA YPPK Teruna Bakti yaitu : ”Terwujudnya komunitas pendidikan Teruna Bakti yang jujur, disiplin dan peduli lingkungan dalam terang injil” agar terus dan tetap menjadi nafas hidup bagi ke-802 orang civitas yang setiap hari menjalani irama pendidikan di SMA YPPK Teruna Bakti.***

Berikut Prestasi terbaru yang dicatat oleh team penelitii terkait dengan standar kompetensi lulusan :

  • Karya ilmiah (Bahasa Indonesia), Tingkat Nasional Juara II
  • Lomba Diskusi Parade Provinsi Papua Juara I
  • Matematika Juara III
  • Mading dan Poster Tingkat Kota Juara I
  • Fisika Tingkat Yayasan Juara I

salah satu prestasi terbaru yang didorong oleh Komite Sekolah dan Ikatan Alumni Teruna Bakti agar terus dipertahankan adalah : mendapatkan pengakuan dari Pemerinta RI dengan memberikan penghargaan Sekolah dengan Indeks Integritas penyelenggaraan Ujian Nasional yang tinggi pada tahun 2015 dengan IIUN : 83.50

 

Baca Juga

0 Komentar

Belum ada komentar

Kirim Komentar

Nama Anda

Kota

Email

Komentar