nama web nya disini

Halaman

Kategori Berita

Kontak

  • Telp
    (0967)571877
  • Fax
    (0967)571877
  • Email
    info@terunabakti.com

Layanan Lain

  • Cek Absen Online
  • Kemdikbud
  • Sertifikasi Guru
  • BSE
  • Rumah Belajar

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung :
IP Address : 54.80.234.9
Browser : Jenis lainnya

Kuasa Kata-kata Membentuk Komunitas Teruna Bakti Jayapura

SMA TB - 02 September 2015

HUT Teruna Bakti Jayapura ke-65

          Waena, Jayapura 1 September 2015. Tepat pukul 08.30 WP, di SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura Papua, diadakan misa syukur dalam rangka HUT Teruna Bakti Jayapura ke 65. Misa dipimpin oleh Pastor Paroki Kristus Terang Dunia Waena RD Bartolomeus Dowen Oyan, bacaan liturgi yang diambil pada hari itu tentang Yesus mengusir roh jahat melalui kuasa kata-kata. Dalam Renungannya RD Bartolomeus Dowen Oyan mengatakan “kita semua diutus di tengah-tengah dunia pendidikan pada jaman modern ini untuk menjadi putra-putra cahaya, seperti seruan Paulus kepada Umat di Tesalonika. Dalam hal ini kita dituntut untuk saling menyapa, saling menasehati antar guru dan siswa/I, dan antara sesama siswa/i. Yesus sendiri memberikan petunjuk kekuatan kepada kita, bahwa semua manusia bisa mempunyai kuasa dalam berkata-kata. Yesus bisa mengusir roh jahat hanya dengan kuasa kata-kata. Kita juga dapat memiliki kuasa kata-kata dalam kehidupan kita setiap hari. Kata-kata yang mempunyai kuasa adalah bukan kata-kata yang bersifat puitis, tetapi kata-kata sederhana dan berwibawa. Bagaimana cara agar kita punya kata-kata yang penuh kuasa, yaitu dengan memiliki sikap dan teladan sesuai ajaran Tuhan, dengan mimiliki teladan yang baik seperti Yesus, maka kata-kita mempunyai kuasa dan dapat merubah. Marilah kita saling menasehati, dan menyelamatkan sesama kita dengan menggunakan kuasa kata-kata”.

           Kepala Sekolah SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura mengawali sambutannya dengan menceritakan sejarah singkat Teruna Bakti Jayapura. Teruna Bakti Jayapura, awalnya didirikan di Fak-fak pada tahun 1950 dengan nama “Opleiding Dorps Onderwijzer”  (ODO), dengan kepala sekolah pertama Bpk. A. Van Zeyl, Rektor  Pater Nerius Louter, OFM, tahun 1953 menghasilkan 21 orang siswa. Tahun 1961 Sekolah ODO Pindah ke Nabire, saat itu ODO menerima 19 Orang siswa yang besaral dari daerah dari Paniai, Mimika, Keerom, dan Akimuga. Kepala Sekolah saat itu Bpk. Arnold Youw, Rektornya P. Frans Verheijen, OFM, lokasi sekolahnya di Gunung NIGIMY di Nabire, saat itu sekolah masih menggunakan Bahasa Belanda. Setelah itu ODO Pindah ke Waghate – Kokonao sekitar tahun 1962/1963. Saat itu ODO berganti nama menjadi SGB ( Sekolah Guru Bawah ), dan sekaligus juga dibuka SGA ( Sekolah Guru Atas ) di Biak, siswa yang tamat di SGB Kokonao melanjutkan pendidikan di SGA Biak.  tidak lama kemudian SGB berpindah tempat ke Biak, bersama-sama dengan SGA ( Sekolah Guru Atas) pada tahun 1974. Saat di Biak tidak lama SGA berubah nama menjadi SPG ( Sekolah Pendidikan Guru ) atau terkenal dengan nama SPG Teruna Bakti. Pada tahun 1971 SGB dan SPG di Pindahkan ke Waena Jayapura, dengan lokasi yang disiapkan 8 Hektar oleh Bapak Ondofolo Waena, Bp. Ramses Ohee, dan SGB tidak menerima siswa baru lagi, siswa yang ada tetap menyelesaikan sekolah hingga tamat. Rektor Saat itu adalah Ptr. Frans Lieshout, OFM, kepala sekolah Sr. Warson. Pada tahun 1990 SPG Teruna Bakti tidak menerima siswa baru lagi karena mengalami peralihan menjadi SMA, yang dikenal dengan SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura. Kepala Sekolah SMA Pertama saat itu adalah Bp. Bambang Sutaji. Seiring Waktu berjalan SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura, mengalami masa pergantian Kepemimpinan. Mereka yang pernah memimpin SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura adalah :  Bp. Karsinu, Sr. Jeannette, Ibu Veronika, Bp.Kornelius Tamakaengi, dan saat ini dijabat oleh Bp. Damianus Kumanireng. 

           Acara HUT TB ke 65 difokuskan dalam Misa Syukur dengan tema “Membangun Komunitas Pendidikan Yang Kuat di Tengah Kemajemukan”. Perayaan diadakan di halaman SMA YPPK Teruna Bakti dengan mengfungsikan halaman rindang di depan kantor, dilanjutkan dengan perayanaan di kelas masing-masing. Dalam perayaan HUT TB ke-65, pihak sekolah membagikan hadiah kepada pemenang Lomba Paduan Suara dan Lomba Kebersihan Kelas. 

       Setelah menyampaikan sejarah, Kepala Sekolah SMA TB menghaturkan syukur : “kita bersyukur atas umur Teruna Bakti yang sudah lama, hingga saat ini Teruna Bakti masih hadir di Papua, dan kita tidak boleh mengesampingkan sejarah”. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura memberikan pesan kepada 765 siswa/I dan 48 guru serta staf, “marilah kita membangun komunitas Teruna Bakti, para guru menjadi ayah dan ibu bagi siswa/I, kita menciptakan keharmonisan, semangat kekeluargaan, dan cinta lingkungan. Kita di sini ada yang berasal dari kampung maupun kota, dari gunung hingga ke pantai, lihatlah perbedaan itu sebagai suatu kekayaan dalam komunitas”. Di akhir sambutannya Bp. Damianus Kumanireng mengutip sepenggal kalimat lagu “Yesus Nahkoda Agung” yang dinyanyikan paduan suara SMA YPPK Teruna Bakti, “Karena Kasihnya Hari Esok Pasti Ceria, Pasti Ceria……” ( kontibutor : Florry Koban ) 

 

Baca Juga

2 Komentar

LarryFub

22 Maret 2017

It can be daunting trying to figure out what you need to do once you have been diagnosed with sleep apnea. There are so many new things to learn, and you may feel a bit overwhelmed. Reading this article can provide you with some simple steps to take to make the transition much easier. For peopl

Eugenegew

01 Mei 2017

<a href=http://guod.me/uk/hair-megaspray-moya-dumka-i-pravda-pro-spreyi-dlya-volossya.html>http://guod.me/uk/hair-megaspray-moya-dumka-i-pravda-pro-spreyi-dlya-volossya.html</a>

Kirim Komentar

Nama Anda

Kota

Email

Komentar